Memudahkan Masyarakat FDW Launching Inovasi Layanan Publik Bidang Perizinan UMKM

0 182

Cakrawalasulut.com, Minsel_Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar , SH secara langsung meluncurkan Inovasi Perizinan Keliling Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (PMPTS). Kegitan ini bertempatkan di Balai Desa Paslaten Kecamatan Tatapaan pada, Selasa 13/09/2022.

Bupati pada sambutannya merespon baik kehadiran layanan perizinan keliling ini yang diprakarsai BPMPTS dan juga akan dapat mempermudah proses pengurusan izin bagi masyarakat termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) program ini juga sebagai bagian dari upayah Pemkab Minsel dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Launching inovasi layanan publik bidang perizinan ini merupakan program inovasi yang berbasis tata laksana pemerintahan dan akan digelar di 17 Kecamatan secara bergilir.

Sementara itu Kepala Dinas DPMPTPS Kabupaten Minahasa Selatan mengatakan peluncuran layanan izin keliling ini berbasis OSS yang mendapat sambutan baik oleh masyarakat.
“Antusias masyarakat begitu tinggi. Kami awalnya hanya menargetkan 110 pelaku usaha, tapi ternyata membludak sampai 200 yang kami proses dokumen pengajuan izinnya,” ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku usaha mikro kecil atau perseorangan,yang penting dimiliki oleh setiap UMKM sebagai Legalitas atau Perlindungan Hukum untuk suatu produk pelaku UMKM itu sendiri.

Selain mendapat perlindungan, dengan adanya NIP dapat mempermudah UMKM mendapat pembinaan dari instansi terkait yang dikarenakan usaha tersebut telah terdata.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Minsel mengatakan perluncuran layanan izin keliling berbasis OSS itu mendapat sambutan hangat masyarakat.
Chikita

Leave A Reply

Your email address will not be published.