Pertemuan Strategis: Wali Kota Manado dan Kapolda Bahas Sistem Layanan Darurat

0 14

CAKRAWALASULUT-  Wali Kota Manado, Andrei Angouw, dan Wakil Wali Kota Manado, dr. Richard Sualang, (06/02) telah menyambut kunjungan dari Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Pol. Yudhiawan, S.H., S.I.K., M.H., M.Si., beserta jajaran pimpinan Polda Sulawesi Utara dan Kapolresta Manado, Kombes Pol. Julianto Sirait, S.H., S.I.K. Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara pemerintah kota dan kepolisian.

Diskusi utama dalam pertemuan berfokus pada sistem layanan darurat di Kota Manado. Wali Kota menjelaskan bahwa Kota Manado telah memiliki Call Center 112 yang dikelola oleh Dinas Kominfo Kota Manado. Kapolda berbagi pengalaman dari pengabdiannya sebagai Kapolrestabes Makassar dalam menangani berbagai permasalahan Kamtibmas di kota besar.

Selain itu, topik-topik seperti knalpot bising, penanganan minuman keras, narkoba, dan gangguan Kamtibmas lainnya juga dibahas. Penerapan CCTV untuk pemantauan lokasi dan aktivitas masyarakat menjadi sorotan utama dalam pertemuan. Kapolda memberikan wawasan tentang penggunaan CCTV di negara-negara Eropa sejak tahun 1996-1997, yang direfleksikan untuk diterapkan di Sulawesi Utara, termasuk Kota Manado, guna meningkatkan keamanan wilayah.

Usai pertemuan, Kapolda beserta rombongan mengunjungi Command Center untuk melihat secara langsung operasional sistem layanan darurat, CCTV, dan proses pengelolaan data. Mereka juga berinteraksi dengan operator serta mencoba melakukan komunikasi langsung ke Pos Penjagaan Polda Sulawesi Utara melalui Call Center 112, dengan didampingi oleh sejumlah pejabat pemerintah kota dan kepala dinas terkait.

ADVE

Leave A Reply

Your email address will not be published.