Penyerahan Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Ongkaw Oleh Mentri ART/BPN Disambut Bupati FDW

Penyerahan Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Ongkaw Oleh Mentri ART/BPN Disambut Bupati FDW

0 144
  • Cakrawalasulut.com, Minsel-Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar , SH menghadiri penyerahan Sertifikat Redistribusi Tanah Reforma Agraria, yang diserahkan lansung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Bpk Hadi Tjahjanto tepatnya di Desa Ongkaw Tiga Kecamatan Sinonsayang, pada Kamis 14/09/2022.

Berdasarkan data yang diperoleh jumlah penerim sertifikat dalam program redistribusi tanah sebanyak 762 yang terdiri dari 528 kepala keluarga (KK) dengan ukuran lahan yang diusulkan mencapai 362 hektar dan luas yang diberikan kepada masyarakat sebesar 226,3 hektar.

Pemerintah Daerah pun dalam hal ini Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar menyambut baik bahkan mendukung penuh atas pelaksanaan program Redistribusi tanah bagi masyarakat petani.

“Kami sangat bersyukur karena lokasi reforma agraria yang menjadi prioritas Desa Ongkaw Tiga,Ini sesuatu hal yang sangat baik dan membanggakan bagi masyarakat penerima yang ada di sini,” ucap Bupati.
Adapun di lokasi tersebut menurut Bupati akan dibangun sejumlah fasilitas dan sarana prasana untuk kepentingan masyarakat.


Selanjutnya Mentri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dalam sambutannya menegaskan dengan diterimanya sertifikat regis kepada masyarakat memberi kepastian hukum hak kepemilikan tanah untuk dikuasai dan dikelola oleh masing-masing masyarakat penerima.

“Dengan sertifikat ini itu artinya bapak ibu sekalian sudah terdaftar tanahnya di kantor pertanahan. Baik itu letak, luas dan batas. Apalagi sertifikat ini sudah by name,” tegas Mentri.


Bahkan Hadi Tjahjanto juga berpesan dan menekankan kepada masyarakat agar dapat menyimpan dengan baik Sertifikat yang sudah diberikan,dikarenakan sertifikat tanah menjadi jaminan kepastian hukum atas kepemilikan lahan sehingga tidak akan ada mafia tanah yang menyerobot.

Dan untuk Sulut sendiri masih ada 7 lokasi lagi yang akan dilakukan redistribusi tanah.

Hadir pada kegitan tersebut Wakil Mentri ATR/BPN Raja Juli Anthoni, Sekjen KPA, Wagub Sulut Steven Kandow serta jajaran Forkopimda baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten.
Chikita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.