Wali Kota Hadiri Acara Festival Bumi Kilu di Paniki

0 138

CAKRAWALASULUT – Pagi ini (22/07/2022) Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri kegiatan Festival Bumi Kilu di Taman Literasi Lingkungan V, Kelurahan Paniki I, Kecamatan Mapanget.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulut I dalam rangka Perayaan HUT Ke-399 Kota Manado serta untuk mendukung pelestarian sumber daya air. Festival ini juga dimeriahkan dengan lomba mewarnai dan menggambar antar TK dan SD.

Acara diawali dengan ucapan selamat datang dari Lurah Paniki I Ibu Desche Tumundo, S.E dan selanjutnya adalah sambutan mewakili Kepala BWS Sulut I.

Wali Kota ketika memberikan sambutan menyampaikan apresiasi dan selamat atas dilaksanakan Festilval Bumi Kilu ini. Wali Kota berharap agar kegiatan seperti ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Air adalah sumber kehidupan sehingga bernilai sangat mahal nilainya sebab air merupakan pemberian Tuhan yang harus kita jaga termasuk sumber-sumbernya,” urai Walikota.

Wali Kota menyinggung dan menyesalkan sampah-sampah yang dibuang sembarangan di sungai. Kejadian ini terjadi langsung saat Wali Kota melakukan turun lapangan. Wali Kota berharap agar kita dapat menjadi agen perubahan dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Torang harus menjadi agen perubahan dan mari bersama-sama menjaga lingkungan ini,” ajak Wali Kota.

Selanjutnya, Wali Kota juga memaparkan jika program pembangunan dijalankan dengan baik hal ini dapat menunjang program pariwisata di Kota Manado. “Jika pariwisata baik, investasi ekonomi pun akan berjalan dengan baik. Ekonomi berjalan baik, maka investasi dan ekspor harus jalan sehingga dampak positifnya akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” papar Wali Kota.

Setelah memberikan sambutannya, Wali Kota membuka secara resmi Festival Bumi Kilu ini sekaligus menandatangani prasasti pencanangan Festival Bumi Kilu.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Wali Kota. Setelah penanaman pohon, Wali Kota dan pejabat teknis yang hadir menuju jembatan bambu untuk melaksanakan penuangan eco enzyme di Sungai Kilu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pimpinan BWS Sulut I, Ketua Dharma Wanita Sulut Ibu Titin Praseno Hadi, Bapelitbangda Sulut, Pimpinan Balai Kehutanan Sulut, beberapa Kepala SKPD Kota Manado, Camat Mapanget, Lurah Paniki I, tokoh-tokoh masyarakat dan para undangan lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.