Wali Kota Andrei Angouw Melakukan Pertemuan Dengan BPMP Sulut

0 181

CAKRAWALASULUT – Pagi ini (25/07/2022) Walikota Manado Andrei Angouw melakukan pertemuan dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulut di ruang Kerja Walikota.

BPMP yang dipimpin oleh Kepalanya Febry H. J. Dien S.T.,M.Inf.Tech (Man) hadir bersama Tim dan menyampaikan maksud pertemuan dalam rangka Koordinasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Manado. Program ini adalah Implementasi Kurikulum Merdeka secara Mandiri (IKM Mandiri) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui BPMP yang perlu mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah.

Hadir dalam Pertemuan ini Aggota DPRD Kota Manado Herry Kolondam, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Manado Donal Supit S.H, Kadis Diknas Manado Ibu Dr. Deysie Lumowa M.Pd, Sekretaris Diknas dan pejabat teknis lainnya.

Kepala BPMP Ferbry Dien menyampaikan secara teknis tentang program merdeka belajar yang akan diintensifkan di Kota Manado, mengingat Kota Manafo sebagai Ibukota Provinsi Sulut. Berbagai hal dibahas soal program “Merdeka Belajar” di Kota Manado. Bahkan berbagai kendala, tantangan dan hambatan sehubungan dengan Pengembangan Pendidikan di Kota Manado ikut dibahas.

Dalam bahasan ini, Kepala BPMP banyak menyampaikan masukan-masukan agar pendidikan di Kota Manado lebih maju dan berkembang. Walikota sendiri ikut menyampaikan berbagai gagasan, terobosan sehingga Pendidikan di Kota Mamado berkembang dengan baik dan positif khususnya sektor pendidikan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota mulai dari Paud, SD hingga SMP.

Walikota pada prinsipnya merespon positif adanya program ini dan siap bekerjasama. Bagi Walikota apa yang dijalankan oleh Pemerintah Kota sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh Pemerintah lewat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Perencanaan berbasis data yang diperlukan oleh walikota dalam mengambil kebijakan dibidang pendidikan di Kota Manado ikut dibahas. Walikota juga ingin mencari tau perbandingan dengan kota yang lain sehubungan dengan pelaksanaan program Merdeka Belajar yang sedang dilaksanakan ini.

Guru juga diharapkan dapat ditingkatkan kualitas dan kemampuannya sebagai guru penggerak untuk menjalankan program ini. Walikota juga berharap agar ada pelatihan-pelatihan kepada Guru-Guru khsusnya yang menangani program Merdeka Belajar. “Ini nanti saling berkoordinasi dengan Kadisnaker untuk pelaksanaan pelatihan agar dapat terlaksana dengan baik sesuai rencana dengan program yang sudah disiapkan oleh Diknas Manado dan bisa berkoordinasi dengan BPMP Sulut,” saran Walikota.

Sehubungan dengan kualitas Guru Penggerak, maka BPMP bekerjasama dengan Pemerintah Kota siap menfasilitasi pemberian reward atau pengharhaan agar hal ini dapat memacu peningkatan kinerja para Guru khususnya Guru Penggerak dalam melaksanakan program merdeka belajar.

Selesai rapat koordinasi ini dilaksanakan Perekaman Video Testimoni dari Walikota Manado terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka, sekaligus Walikota memberikan dorongan dan support dari Pemerintah Kota Manado agar Program ini dapat berjalan dengan baik di Kota Manado.

Tindak lanjut dari rapat koordinasi ini adalah Pemasangan Baliho dukungan Kota Manado terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan oleh PMP Sulut dan Diknas Kota Manado. Hal lain juga kegiatan dilapangan adalah kunjungan ke Sekolah Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Manado.

Leave A Reply

Your email address will not be published.