Anak Harus Hidup sehat , PemDes Kapitu gelar Pelatihan Kader Kesehatan

0 111

Anak Harus Hidup sehat , PemDes Kapitu juga ingin semua hidup Sehat

MINSEL, CS – Untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan kepada Masyarakat Desa mulai dari Balita , Anak , Dewasa, Orang tua juga Lansia maka dibutuhkan Kecakapan dan keuletan dari Kader Kesehatan , maka hap tersebut direspon oleh Pemerintah Desa Kapitu dengan melakukan Pelatihan Kader Kesehatan bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Kapitu , Selasa ( 27/12/2022)

Salah satu tolak ukur yang dipakai dalam Pelatihan ini adalah Situasi dan kondisi indonesia saat ini ada beberapa sumber kajian mengenai Banyaknya kasus mulai dari sikap, perilaku yang tidak sehat, penyakit, kurang gizi pada anak usia dini, anak usia sekolah maupun remaja, wanita usia subur dan wanita hamil.

Pemetaan Masalah kesehatan masyarakat dan masa depan bangsa ditentukan oleh kondisi kesehatan anak usia dini, pada saat lahir sampai kepada pola pengasuhan, asah dan asih. Penanggulangan masalah kesehatan ini melalui pendekatan life cycle. Salah satu yang menjadi perhatian Pemerintah Indonesia selama beberapa Tahun Terakhir adalah Stunting. Kasus yang cukup sering dan angka peningkatan sudah melebihi ambang batas yang sudah tidak dapat ditolerir lagi sehingga Stunting menjadi Isu Nasional dimana penanganannya sampai pada Pemerintah Desa Setempat.

Guna menangani isu tersebut, Pemerintah Kabupaten Minsel giat melaksanakan Pelatihan Kader Kesehatan dimana untuk Tahun 2022 Desa Kapitu lewat Penjabat Hukum tua Alfa Winokan SE, melaksanakan Pelatihan dengan melibatkan Kader kesehatan dan Perangkat Desa dengan mengusung tema Pendidikan Kesehatan Anak menghadirkan Narasumber Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Amurang Barat

Acara tersebut memberikan gambaran dan pelatihan tentang peran Orang Tua dalam pemenuhan Gizi Anak melalui pola asuh yang tepat. Dimana di setiap tahapan kehidupan manusia, asupan makan dan minumnya berkontribusi besar terhadap seluruh aspek kesehatan. Orang tua adalah pendidik yang pertama dan utama bagi anak. Sayangnya, menjadiorang tua adalah profesi yang sangat tidak tersiapkan. Akibatnya, masa emas tumbuh kembang anak seringkali tidak bisa dimanfaatkan secara optimal. Hal ini menjadikan keprihatinan bersama guna memenuhi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu berbagai edukasi pola asuh dan pemenuhan gizi anak menjadi komponen penting agar orang tua tidak abai terhadap perkembangan anak
( Vandytrisno )

Leave A Reply

Your email address will not be published.