Wabup PYR dan Jajaran terkait hadiri Pembukaan Kegiatan Penilaian Kinerja Penanggulangan Stunting SULUT

0 938

WabupWabu dan Jajaran terkait hadiri Pembukaan Kegiatan Penilaian Kinerja Penanggulangan Stunting Provinsi SULUT


MINSEL , CS Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th., yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stuting ( TPPS ) Miinahasa Selatan, menghadiri Pembukaan Kegiatan Penilaian Kinerja Penanggulangan Stunting Provinsi Sulawesi Utara, Senin (29/05/2023)

Pembukaan Kegiatan Penilaian Kinerja Penanggulangan Stunting Provinsi Sulawesi Utara juga sekaligus melaksanakan
Pameran yang bertempat di Hotel Sentra Minahasa Utara. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 29 Mei 2023 sd 31 Mei 2023.

Kesempatan ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw dalam sambutannya menyatakan target sebesar 14 persen angka prevalensi stunting pada tahun 2024 menjelang pertunjukan yang ditayangkan

“Stunting harus turun dari 20,5 persen menjadi 14 persen di tahun 2024 adalah target yang tidak sedikit, perlu upaya ekstra dari semua pemangku kepentingan yang ada di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa tersebut,” sebut Wabup Kandouw

Lanjut Wabup ,Kisi-kisi percepatan penanganan stunting sudah ada, panduan sudah jelas, bahkan dana dari berbagai sumber baik dari BKKBN, Kementerian Kesehatan, maupun dari APBD yang kelihatannya kecil tapi besar karena tahun ini ada peningkatan signifikan dana transfer daerah untuk penanganan stunting, upaya Penurunan ini juga terletak pada komitmen kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Dia optimistis, apabila semua sudah berjalan sesuai ‘on the track’, menambah asupan gizi, mengawal semua hal terkait dengan penanganan stunting, pasti berjalan baik.

“Saya mengajak terutama kepala daerah dan wakil kepala daerah, SDM terkait atau memiliki benang merah atau yang memiliki kewajiban mengurus stunting, mari kita evaluasi,” harap Wagub Steven.

Acara ini adalah pembukaan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bpk. dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw, Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara Ibu. Ir. Rita M. Dondokambey-Tamuntuan dan seluruh TPPS Provinsi bersama TPPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara.
Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Minahasa Selatan, Sekretaris Daerah Ibu Glady Kawatu, SH.M.Si, Kaban Bappelitbangda, Brando Tampemawa MH, k epala Dinas Kesehatan, dr. Wiwin Opot, Kepala Dinas PPKB Meyti Ady Tumbuan dan jajaran Pemkab Minsel. 

(VanTTa)

Leave A Reply

Your email address will not be published.