Bupati FDW tinjau lokasi Penanaman 2000 Batang Mangrove Jenis Rizhopora di desa Kapitu

0 62

Bupati FDW tinjau lokasi Penanaman 2000 Batang Mangrove Jenis Rizhopora di desa Kapitu

MINSEL, CS – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH meninjau Lokasi Penanaman 2000 batang mangrove jenis Rizhopora sp yang ditanam dalam beberapa tahap yang terletak di Desa Kapitu, Kecamatan Amurang Barat oleh PT Cargill Indonesia dan Kelompok Manengkel solidaritas juga bersama Kelompok Budidaya mangrove Desa Kapitu, pada Kamis (26/10/2023).

Dalam Kesempatan tersebut Bupati Franky Donny Wongkar, SH setelah meninjau Lokasi Penanaman mangrove menyampaikan kepada warga sekitar dan para anggota Kelompok Budidaya mangrove Desa Kapitu yang ada untuk bersama – sama menjaga lingkungan terutama Mangrove yang ada.

Perlu diketahui bahwa di Provinsi Sulawesi Utara terdapat 2 lokasi pembibitan mangrove yaitu di Bahowo Tongkeina dan Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat yang merupakan binaan dari Kelompok Manengkel solidaritas sejak tahun 2019.

“Mangrove jenis Rhizophora sp. merupakan salah satu jenis tumbuhan mangrove, yaitu kelompok tanaman tropis yang bersifat halofitik atau toleran terhadap garam (Irwanto, 2006). Rhizopora sp. termasuk dalam famili Rhizophorazceae. Ada tiga jenis yang tergolong dalam Rhizophora sp, yaitu R. mucronata, R. apiculata dan R. stylosa,” ucap Bupati FDW sapaan akrabnya

Beliau mengatakan, Pelestarian Lingkungan adalah proses atau cara perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan. Penataan sumber daya alam yang menjamin pemakaiaannya secara berkesinambungan simpanannya yaitu dengan tetap meningkatkan kualitas nilai keanekaragamannya dan tetap memeliharanya.

“Hutan mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita diantarnya yakni 1) sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus udara laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu menahan udara laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai,” kata FDW .

Kelompok Manengkel Solidaritas menyampaikan juga telah melakukan Transplantasi Karang di Area Desa Kapitu. Selain itu juga Kelompok Manengkel Solidaritas mengapresiasi kehadiran Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dilokasi tersebut menjadi bukti atas kepeduliaan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan terhadap pelestarian lingkungan.

( VanTTa/ ps )

Leave A Reply

Your email address will not be published.