Diterima Bupati FDW Penghargaan Kampung Keluarga Berkwalitas dari BKKBN Provinsi SULUT

0 542

Diterima Bupati FDW Penghargaan Kampung Keluarga Berkwalitas dari BKKBN Provinsi SULUT

MINSEL, CS – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH menerima Penghargaan dari BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Saat Menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024.

Kegiatan tersebut Mengangkat Tema “Optimalisasi Bonus Demografi dan Peningkatan SDM di Sulawesi Utara Menuju Indonesia Emas 2045”, bertempat di Hotel The Sentra Manado, Minahasa Utara Kamis, (16 /05/ 2024 )

Dalam kegiatan tersebut diserahkan Piagam Penghargaan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara kepada Kampung KB Kasamaan Desa Munte Kabupaten Minahasa Selatan sebagai Kampung KB Berbasis Data Digital Terbaik Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024 yang diserahkan oleh Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN RI kepada Bupati Minahasa Selatan, dan Piagam Penghargaan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara kepada Rumah Dataku Kasamaan Desa Munte Kabupaten Minahasa Selatan sebagai Rumah Data Kependudukan Berbasis Digital Terbaik Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024 yang diserahkan oleh Kapolda Sulawesi Utara kepada Bupati Minahasa Selatan.

Kampung Keluarga Berkualitas adalah kampung yang mandiri, tentram, dan bahagia. Dalam konsep lama disebut Kampung Keluarga Berencana dengan wilayah setingkat desa/kelurahan yang memiliki kriteria tertentu dan terdapat keterpaduan Program Bangga Kencana. Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) adalah satuan wilayah setingkat kelurahan dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat. Sebagai sebuah pendekatan pembangunan yang bersifat universal, dan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan penyelenggaraan pemberdayaan penguatan institusi keluarga, maka perlu didorong penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di setiap desa/kelurahan.

Rumah Data Kependudukan di Kampung KB adalah rumah yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pemanfaatan data kependudukan mulai dari mengunduh, membaca, mengidentifikasi, memverifikasi dan menentukan pilihan data kependudukan yang bersumber dari, oleh dan untuk masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di kampung KB.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Sulawesi Utara Dr. Asripan Nani, M.Si., Kepala BKKBN RI yang diwakili oleh Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN RI Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S.Si., M.Eng., Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara, para Bupati, Wali kota, Wakil Bupati dan Wakil Wali kota, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Ir. Diano Tino Tandaju, M.Erg., Kepala Instansi Vertikal, para Kepala Perangkat Daerah membidangi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, para Direktur Rumah Sakit, Tokoh Agama, Pengurus Organisasi Wanita se-Provinsi Sulawesi Utara.
Adapun Kegiatan yang dihadiri Bupati Minsel juga didampingi Kepala Dinas PPKB bersama Jajaran dan Plt. Kepala Dinas Kominfo.

( Vandytrisno/Diskominfo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.