Rapat FGD bersama Bappenas menetapkan Minsel Pilot Project Nasional industri kelapa

0 87

Tindak-lanjut Program nasional Bappenas RI Turun lapangan

BAPPENAS : MINSEL jadi Pilot Project Nasional untuk Pembangunan Industri Kelapa

MINSEL, CS – Untuk Pembangunan Industri Kelapa Minahasa Selatan akan menjadi Pilot Project Hal ini disampaikan dalam Rapat Focus Group Discussion (FGD) Hilirisasi Komoditas Perkebunan Kelapa Dengan Studi Kasus di Kabupaten Minahasa Selatan, yang dilaksanakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia ( Bappenas ) pada hari Rabu, 17 Mei 2023, yang diselenggaranakan secara daring maupun luring.

Rapat FGD dipimpin oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunun Sektor Unggulan dan Infrastruktur Bappenas, Bapak Leonardo Adypurnama Alias Teguh Sambodo, SP, MS, Ph.D, bahwa MInahasa Selatan bersama Kabupaten Indra Giri Hilir akan menjadi Pilot Project Nasional untuk pembangunan industri kelapa, termasuk dengan adanya konsep penggantian kelapa dengan kelapa yang dapat dipanen di bawah 5 tahun dan berukuran pendek seperti kelapa Bido.

Hal ini akan dilakukan secara bertahap sebagaimana juga yang disampaikan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional. Hal ini juga nantinya diharapkan dapat seinergi dengan program pariwisata seperti Desa Wisata Kelapa dan Kuliner berbahan kelapa.

Bupati Minahasa Selatan mengapresiasi perhatian pemerintah pusat dalam hal ini oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, karena Minahasa Selatan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat dimana, program ini merupakan kelanjutan dari kegiatan kunjungan Bupati Minahasa Selatan bersama dengan jajaran pada tanggal 17 Maret 2023, yang juga telah ditindaklanjuti dengan kunjungan lapangan oleh Tim dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada tanggal 21 Maret 2023. Program pilot project ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dilaksanakan dengan kerja bersama agar program ini dapat berjalan sukses dan berhasil serta berdampak kepada seluruh masyarakat petani kelapa.

Hal ini juga merupakan wujud perhatian dan atensi Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dalam hal ini Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., terhadap keberadaan petani kelapa di Kabupaten Minahasa Selatan, sekaligus juga bagian dari senergitas dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Bpk. Olly Dondokambey, SE, yang turut membantu mendorong berbagai program khususnya di bidang pertanian dan perkebunan, sehingga diharapkan apa yang menjadi kerinduan dari para petani kelapa dapat terwujud dengan program ini, sehingga perencanaan dan pembangunan di Minahasa Selatan akan lebih maju yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat Minahasa Selatan dan Sulawesi Utara
( Vandytrisno )

Leave A Reply

Your email address will not be published.