Dana Hibah Pemilu dan Pilkada 2023 Senilai Rp 6,7 Miliar Resmi Diterima oleh KPU dan Bawaslu Manado

0 56

CAKRAWALASULUT – Kota Manado telah mengucurkan dana hibah untuk penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2023. Penyerahan dana hibah ini secara resmi terjadi melalui Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di kantor Wakil Walikota Manado pada Rabu (01/11/2023).

Acara penandatanganan NPHD tersebut disaksikan langsung oleh Ketua KPU Manado, Ferley Kaparang SH, bersama dengan para komisioner KPU Manado dan sejumlah pejabat terkait. Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang, menyatakan bahwa penandatanganan NPHD ini adalah wujud dukungan pemerintah Kota Manado dalam menyukseskan pemilu dan pilkada di Kota Manado.

“Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) merupakan bukti dukungan pemerintah Kota Manado terhadap pelaksanaan pilkada agar dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan dari KPU Kota Manado, untuk penggunaan dan pertanggungjawaban agar dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ” kata Sualang.

“Pasalnya, tanggung jawab pelaksanaan pilkada bukan hanya kewajiban KPU dan Bawaslu. Pilkada dan Pemilu merupakan hal yang kompleks karena terdiri dari banyak aspek dan rawan kepentingan politik, Berhubungan dengan pilkada dan pemilu di Kota Manado, hendaknya sedini mungkin dipersiapkan segala sesuatu, agar tercipta iklim demokratis yang kondusif seperti adanya sosialisasi pengawasan pemilu, pendidikan pemilih pemula, dan edukasi lain baik untuk masyarakat maupun di stakeholder. ” tukas Sualang.

Menurut Sualang, penandatanganan NPHD adalah bentuk komitmen pemerintah Kota Manado untuk memastikan bahwa pelaksanaan pilkada sesuai dengan tahapan yang ditetapkan oleh KPU Kota Manado dan dalam kerangka peraturan yang berlaku. Sualang juga berharap dana hibah ini akan digunakan sebaik mungkin, mengingat kompleksitas pemilu dan pilkada yang melibatkan banyak aspek dan potensi kepentingan politik.

Sualang juga menyoroti pentingnya sosialisasi dan pengawasan pemilu kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Dia berharap bahwa KPU dan Bawaslu dapat meningkatkan upaya sosialisasi kepada masyarakat guna menciptakan iklim demokratis yang kondusif.

“Kami berharap, KPU maupun Bawaslu dapat meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat . Agar partisipasi dan antusiasme masyarakat pemilih bisa meningkat secara meningkat, serta pelaksanaan pemilu dan pilkada di Kota Manado bisa berjalan tertib, aman dan kondusif,” harapnya, sambil berharap sinergitas bisa terjadi antar pemerintah Kota Manado dan penyelenggara pilkada tetap terpelihara dengan baik, agar semua tahapan berjalan dengan lancar.

Dana hibah yang diserahkan oleh Pemerintah Kota Manado kepada KPU dan Bawaslu Kota Manado tahun 2023 mencapai total Rp 6,7 miliar lebih. Acara penyerahan dana ini juga dihadiri oleh jajaran asisten Pemkot Manado, pejabat eselon 2, serta para komisioner KPU dan Bawaslu Manado.

Dengan penuh semangat, Kota Manado telah memastikan bahwa proses pemilu dan pilkada di tahun 2023 akan berjalan dengan tertib, aman, dan kondusif, dengan harapan sinergi yang kuat antara pemerintah Kota Manado dan penyelenggara pilkada tetap terjaga. (ADVE)

Leave A Reply

Your email address will not be published.