Dinkes Tindak Lanjuti Anugerah Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2023 dengan Sinergitas Lintas OPD 

0 91

Dinkes Tindak Lanjuti Anugerah Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2023 dengan Sinergitas Lintas OPD

MINSEL, CS – Setelah Mendapat Penghargaan dari Kementrian Perempuan dan Perlindungan anak dan Kabupaten Minahasa Selatan telah mendapat Penghargaan Anugerah Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2023 Kategori Pratama, Pada bulan Juli Lalu maka Dinas Kesehatan Minsel sambut bergayung dengan Program Kabupaten Layak Anak ke Desa dan Kelurahan

Hal ini menjadi Konsen tindak lanjut Kabupaten Layak Anak di dalamnya juga Pencegahan Stanting dan Perang terhadap Stanting dengan melibatkan Papa Angkat yaitu Pejabat Eselon Dua di Kabupaten Minsel

” Ini bagian Program yang tidak terpisahkan dari Kabupaten Layak Anak, yaitu bagaimana kita memperhatikan Anak-anak mulai dari Dalam Kandungan, Melahirkan , Menyusui dan Tumbuh Kembang anak harus diperhatikan ” jelas Wiwin

Lanjut Kadis Kesehatan Minsel Hak anak yang secara substansial dikelompokkan ke dalam 5 (lima) klaster hak anak yang terdiri dari:

1.    Hak Sipil dan Kebebasan

2.    Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif.
3.    Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan.
4.    Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, dan Kegiatan Budaya.
5.    Perlindungan Khusus.

Apresiasi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, berterimakasoh pada bupati dan wali kota atas upaya bersama mitra pembangunan khususnya anak melalui forum anak dan kelompok anak lainnya mewujudkan kabupaten/kota layak anak (KLA).

“Kiranya di waktu mendatang untuk dapat terus ditingkatkan prestasinya ke kategori yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Lanjut dia, KLA adalah kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

“Amanat mewujudkan KLA ini tertuang dalam Undang Undang No 35 tahun 2014 tentang perubahan undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak dan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 12 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Layak Anak,” ujarnya.

Kata dia, anugerah ini merupakan pencapaian oleh pemerintah daerah kabupaten/kota berdasarkan evaluasi KLA yang telah dilakukan melalui mekanisme evaluasi mandiri, verifikasi administrasi sampai ke tahap pembuktian melalui verifikasi lapangan hybrid dan verifikasi lapangan langsung.

“Evaluasi KLA ini dilakukan dengan melibatkan Kementerian, Lembaga terkait, Pakar Anak, Perguruan tinggi dan mendengarkan suara anak atau aspirasi anak terhadap pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di wilayahnya,” Kuncinya.

Diketahui, Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, mengikuti kegiatan Malam Penganugerahan Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) ini secara daring, dari Kantor Bupati Minahasa Selatan.

Tahun 2023 adalah untuk pertama kali Kabupaten Minahasa Selatan mengikuti Evaluasi KLA dan berhasil mendapatkan Anugerah Apresiasi KLA Kategori Pratama.

Bupati Minahasa Selatan didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Minahasa Selatan dan saat ini akan menjadi Sasaran Dinas Kesehatan Minsel
( Vandytrisno.)

Leave A Reply

Your email address will not be published.