Andrei Angouw dan Richard Sualang Entry Meeting Dengan BPK R.I Pewakilan Sulut

0 101

cakrawalasulut.com | Wali Kota dan Wakil Walikota Manado Bpk. Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang melakukan pertemuan dengan BPK R.I Perwakilan Sulut di ruang Kerja Wali Kota Manado, Kamis (16/03).

Agenda pertemuan ini adalah Entry Meeting Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Manado Tahun Anggaran 2022 ini dihadiri Kepala BPK R.I Perwakilan Sulut Bpk. Arief Fadillah serta tim pemeriksa lainnya.

Dalam pertemuan ini Wali Kota membuka pertemuan dan menyatakan siap untuk berdialog dan siap untuk klarifikasi ‘diperiksa’ dalam hal pengelolaan keuangan tahun 2022. Kepala BPK Cabang Sulut merespon positif sikap kooperatif Pemerintah Kota Manado dalam rangka pemeriksaan pengelolaan keuangan khususnya APBD 2022.

Ketua BPK Perwakilan Sulut menyampaikan maksud pertemuan ini dalam kaitan dengan Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Daerah Kota Manado Tahun Anggaran 2022.
Dalam kaitan ini disampaikan tentang Dasar Hukum dan Standar pemeriksaan, tujuan yakni memberikan opini atas Kewajaran Laporan Keuangan., Metode Pemeriksaan termasuk memperkenalkan tim Pemeriksa yang melaksanakan pemeriksaan di Kota Manado.

Ikut disampaikan soal Realisasi APBD TA. 2022 Kota Manado Khususnya soal Pendapatan dan Belanja serta soal Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA). Hal penting dalam Pemeriksaan ikut disampaikan Kepala BPK dengan memberikan beberapa contoh yang ada di SKPD seperti;
– Pemenuhan Mandatory Spending,
– Penganggaran Pendapatan dan Belanja,
– Pengesahan, penggunaan dan pertanggunjawaban Dana Bos dan Kapitasi JKN,
– Penyelesaian Pekerjaan Belanja Modal dan Dokumen Dasar Pelaksanaan Pekerjaan,
– Pengamanan dan Pencatatan Persediaan,
– Pengelolaan Pendapatan Pajak dan Piutang Pajak, – Kepesertaan BPJS yang Ditanggung oleh APBD dan
– Kepatuhan Aspek Perpajakan.

Hadir mendampimgi Wali Kota dan Wakil Walikota dalam pertemuan dengan BPK R.I Perwakilan Sulut adalah, Sekretaris Pemerintah Kota Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, Asisten I Bpk. Heri Saptono, Asisten II Bpk. Atto Bulo, Asisten III Bpk. Arke Tulenan, Inspektur Jeffrey Andries, dan Kepala BKAD Bart Assa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.