Walikota AA Hadiri Rapat Pimpinan Skaligus Launching Aplikasi Sikendis Pemkot Manado

0 184

CAKRAWALASULUT-Pagi ini (18/05) Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri Rapat Pimpinan Skaligus Launching Sikendis Pemerintah Kota Manado di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota.

Rapat ini dalam rangka Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPPRA) Pemerintah Kota Manado tahun Anggaran 2022. Rapat ini intinya mengevaluasi posisi anggaran sesuai  dengan jadwal perencanaan dan hambatan-hambatan yang terjadi.

Acara yang di awalai dengan Laporan tim EPRA yang disampaikan oleh Kabag Administrasi Pembangunan sebagai Sekretaris EPRA. Serta Dilanjutkan dengan Acara Lounching aplikasi sistim kendaraan dinas (aplikasi sikendis) yang dipimpin wali kota. Sikendis ini akan dipergunakan mulai 1 Juni 2022 di Pemerintah Kota Manado.

Wali Kota dalam sambutannya menjelaskan soal semangat penyerapan anggaran. Wali kota mengatakan bahwa semangatnya dikaitkan pertumbuhan ekonomi yakni investasi dan ekspor. Makanya supaya ekonomi berputar adalah bagaimana setiap program ini terserap dari sekian anggaran yang tersedia.
“Pengelolaan anggaran khususnya APBD harus dilakukan sebaik mungkin karena anggarannya tidak serta merta langsung masuk tapi anggaran ini ada secara bertahap baik dari pemasukan pajak maupun bantuan pemerintah pusat,” jelas wali kota.
“Pengelolaan anggaran ini adalah seni, sehingga kita dapat memanfaatkan secara pas sesuai dengan program yang akan dilakukan, tidak lebih dan tidak kurang,” tambah wali kota.

“Jadi cash low harus dikelolah dengan baik sebab cash low adalah ‘darah’, sehingga jangan sampai minus,” singgung wali kota.

“Evaluasi ini merupakan road map untuk mengetahui kondisi dan kita sudah berada dimana,” tambah wali kota.

Wali kota berharap bahwa dengan laporan realisasi ini dapat mengetahui kita akan berbuat apa kedepannya.

Soal Launching Sikendis menurut wali kota dibutuhkan kreatifitas kita dalam hal mengelolah APBD lewat penganggaran untuk kendaraan dinas. Makanya administrasi harus dilakukan dengan baik supaya pegelolaan anggaran akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Kota Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H., Asisten I Bidang Keuangan dan Pembangunan Atto Bulo, Kaban Badan Keuangan dan aset Daerah (BKAD) Dr. Bart Assa yang juga sebagai Ketua EPRA Pemerintah Kota sebagai pimpinan rapat serta para kepala SKPD dan pejabat eselon lainnya sebagai peserta rapat. (JK)

Leave A Reply

Your email address will not be published.